Dubes Singgung Duel Timnas Indonesia vs Rusia di SUGBK

BolaMilenia.com – Duta Besar (Dubes) Rusia Lyudmila G Vorobieva kembali bicara soal wacana pertandingan persahabatan Rusia melawan Timnas Indonesia. Terbaru, ia menyampaikan harapan agar pertandingan bisa diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Wacana ini muncul menyusul kunjungan sang Dubes ke Kemenpora untuk menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dito Ariotedjo pada 11 Mei lalu. Dubes Rusia dijelaskan mengajak untuk menggelar pertandingan persahabatan sepak bola.

Lyudmila mengaku akan sangat hebat andai pertandingan digelar di SUGBK. Menurutnya, venue itu kental dengan budaya Rusia.

“Kita perlu mengadakan (pertandingan) di Jakarta. Di Stadion Gelora Bung Karno yang dibangun oleh Uni Soviet dan merupakan salinan persis (Stadion) Luzhniki,” katanya dalam wawancara dengan RIA Novosti, Rabu (14/6).

Dubes Rusia juga menyampaikan bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno dibuka pada 1962 dan dibangun atas permintaan Presiden Sukarno. Ia menambahkan bahwa Bung Karno menyukai Stadion Luzhniki sehingga meminta untuk membangun stadion yang sama di Jakarta.

Selebrasi pemain Timnas U-20 Indonesia - PSSI
PSSI

“Akan sangat logis dan benar jika pertandingan terjadi di stadion ini. Itu akan menjadi simbol lain dari hubungan baik kita.”

Timnas Indonesia Lawan Negara Kuat Setiap Tahun

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sempat disinggung soal wacana pertandingan Timnas Indonesia melawan Rusia saat memastikan kehadiran Timnas Argentina ke Indonesia beberapa waktu lalu.

“Saya rasa FIFA Matchday dengan beberapa negara besar kita alokasikan, seperti tahun ini dengan Argentina. Setelah itu fokus kualifikasi Piala Dunia, tahun depan pasti kita alokasikan.”

“Saya juga sudah kontak dan dapat respons positif dari Maroko, Brasil, Portugal, dan Rusia, tetapi begini kita hanya boleh milih satu lawan (besar) setiap tahun. Kalau setiap tahun lawannya Argentina, Brasil, kapan naiknya ranking kita.”

“Jadi kita harus mempersiapkan pertandingan untuk timnas kita untuk raih ranking, tetapi juga ada pertandingan bahwa kita dipercaya dunia,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Code Blog by Crimson Themes.