Pemain Muda Harus Dapat Kepercayaan Demi Lanjutkan Prestasi

BolaMilenia.com – Keberhasilan Tim Nasional U-22 Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games 2023 tak lepas dari peran para pemain muda. Untuk itu, klub-klub di Indonesia diharapkan bisa memberikan kepercayaan kepada para pemain muda untuk tampil di kompetisi.

Hal itu diungkapkan oleh mantan penggawa Timnas Indonesia, Saktiawan Sinaga. Menurutnya, para pemain muda harus terbiasa tampil di kompetisi agar bisa berprestasi bersama Tim Merah Putih.

“Mental pemain muda harus terasah di kompetisi domestik. Tanpa adanya jam terbang, omong kosong mereka bisa berprestasi di tim nasional,” kata Saktiawan seperti dilansir dari Antara.

Saktiawan juga menyebut klub-klub di Liga 1 punya peran penting atas keberhasilan Garuda Nusantara meraih medali emas di SEA Games. Pemain asal Sumater Utara ini juga berahrap, kompetisi kategori usia juga bisa terus berjalan.

Timnas U-22 Indonesia, Medali Emas SEA Games - PSSI
PSSI

“Medali emas di SEA Games ini adalah hasil pembinaan pemain muda kita di kompetisi. Selain itu, kompetisi akademi pro elite juga harus diteruskan,” ungkap Saktiawan.

Gelaran SEA Games 2023 sendiri menggunakan pemain yang berusia di bawah 22 tahun. Meski begitu, tim asuhan Indra Sjafri membawa hingga enam pemain yang masih berusia di bawah 21 tahun.

Emas Pertama Indonesia Sejak 1991

Keberhasilan Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 memang punya arti yang luar biasa. Pasalnya, ini adalah emas pertama sejak terakhir kali Tim Merah Putih mendapatkannya di tahun 1991.

Bahkan ini menjadi medali emas pertama bagi Timnas Indonesia di ajang SEA Games, setelah menggunakan format pembatasan usia pada 2001. Di era tersebut, Indonesia menembus empat final dan meraih satu medali emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Code Blog by Crimson Themes.